6/4/15

SOAL UTS STATISTIK

Dosen: Rusman, M.Pd.I

1.      Sebutkan 4 macam pengertian Statistik.
yang pertama, Statistika kadang diberi pengertian sebagai ´data statistik´ yaitu kumpulan bahan yang keterangannya berupa angka atau bilangan. Dan dengan istilah lain Statistik´ adalah deretan atau kumpulan angka yang menunjukkanketerangan mengenai cabang kegiatan hidup tertentu.Misalnya: statistika penduduk, statistika pertanian, statistika perdagangan,statistika pendidikan, statistika keagamaan. Dalam hal ini statistika penduduk terkandung pengertian kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka yang berhubungan dengan bidang kependudukan (angkakelahiran, angka kematian, angka perkawinan, angka perpindahan penduduk). 
yang kedua, Statistika diberi pengertian sebagai 'kegiatan statistik´ atau 'kegiatan perstatistikan´ atau 'kegiatan penstatistikan´ yang mencakup 4 hal, yaitu : Pengumpulan data, Penyusunan data, Pengumuman dan pelaporan data, Analisis data. Misalnya: 'Biro Pusat Statistik´, terkandung pengertian: sebuah biro pada tingkat pusat, yang mempunyai keguiatan pokok dalam bidang: pengumpulan data, penyajian data, dan penganalisisan data.
yang ketiga, Statistika sebagai metode statistik yaitu cara-cara tertentu yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun/mengatur, menyajikan,menganalisis dan memberikan interpretasi terhadap sekumpulan bahan keterangan yang berupa angka sedemikian rupa sehingga kumpulan bahanketerangan yang berupa angka 'itu dapat berbicara´ atau dapat memberikan pengertian dan makna tertentu. 
yang keempat, Statistika diberi pengertian sebagai ilmu statistik. Ilmu statistik tidak lainadalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secarailmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik.


2.      Syarat apakah yang harus dipenuhi oleh sekumpulan angka atau bilangan, sehingga ia dapat disebut data statistic. ?
1.      Objektif, yang berarti bahwa data yang ditampilkan harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya, jumlah penduduk miskin di suatu kota sebanyak 1 juta jiwa, maka yang harus dilaporkan harus dengan jumlah 1 juta, jika kurang atau lebih maka akan berimbas pada pengambilan kebijakan yang salah untuk penduduk miskin seperti raskin dan BLT. 
2.      Representatif, yang berarti bahwa data yang tersedia harus mewakili objek yang diamati. Misalnya, data tentang harga barang yang diambil tidak hanya dari pasar tradisional tetapi juga pasar modern, data tentang konsumsi beras tidak hanya diambil di daerah perkotaan saja tetapi juga di daerah pedesaan. 
3.      Kesalahan baku (standard error) kecil. Data yang diperoleh dari hasil survey biasanya memiliki kesalahan baku, baik yang diperoleh dari sampling error maupun non sampling error. Namun hasil estimasi yang diperoleh diharapkan mendekati parameter atau nilai dari populasinya. Agar mendekati nilai parameternya maka kesalahan baku harus sekecil mungkin agar keputusan yang diambil tepat sasaran. 
4.      Tepat waktu. Terkadang kita membutuhkan data yang paling up to date untuk mengambil suatu keputusan. Misalnya, pemerintah tahun ini (2014) ingin melakukan perbaikan bangunan SD yang rusak, maka data yang diperlukan adalah data jumlah bangunan SD yang rusak yang terkini (tahun 2014 atau 2013), bukan data jumlah bangunan SD yang rusak tahun 2010, karena pemerintah ingin melihat gambaran terakhir jumlah bangunan SD yang rusak. 
5.      Relevan, yang berarti bahwa data yang dikumpulkan harus relevan dengan masalah yang akan dipecahkan. Misalnya, kebijakan pemerintah dalam impor sapi, maka data yang dibutuhkan adalah produksi daging sapi di Indonesia atau data jumlah sapi tahun berjalan. 



3.      Jelaskan apa yang disebut :
a.       data kontinyu :
data yang sifatnya sinambung atau kontinyu, nilainya bisa berupa pecahan. Contoh data kontinyu adalah data tentang hasil panen padi, panjang jalan, berat sapi dan sebagainya

b.      data deskrit :
data yang sifatnya terputus-putus, nilainya bukan merupakan pecahan (angka utuh). Contoh data diskrit adalah data tentang jumlah penduduk, kendaraan dan sebagainya

c.       data interval :
Data interval Pemberian angka kepada set dari objek yang mempunyai sifat-sifat ukuran ordinal dan ditambah satu sifat lain, yakni jarak yang sama pada pengukuran dinamakan data interval. Data ini memperlihatkan jarak yang sama dari ciri atau sifat objek yang diukur. Akan tetapi ukuran interval tidak memberikan jumlah absolut dari objek yang diukur. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran menggunakan skala interval dinamakan data interval. Misalnya tentang nilai ujian 6 orang mahasiswa, yakni A, B, C, D, E dan F diukur dengan ukuran interval pada skala prestasi dengan ukuran 1, 2, 3, 4, 5 dan 6, maka dapat dikatakan bahwa beda prestasi antara mahasiswa C dan A adalah 3 – 1 = 2. Beda prestasi antara mahasiswa C dan F adalah 6 – 3 = 3. Akan tetapi tidak bisa dikatakan bahwa prestasi mahasiswa E adalah 5 kali prestasi mahasiswa A ataupun prestasi mahasiswa F adalah 3 kali lebih baik dari prestasi mahasiswa B. Dari hasil pengukuran dengan menggunakan skala interval ini akan diperoleh data interval. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif) statistik parametrik yang lazim digunakan untuk data interval ini adalah Pearson Korelasi Product Moment, Partial Correlation, Multiple Correlation, Partial Regression, dan Multiple Regression.

d.      data ordinal :
bagian lain dari data kontinum adalah data ordinal. Data ini, selain memiliki nama (atribut), juga memiliki peringkat atau urutan. Angka yang diberikan mengandung tingkatan. Ia digunakan untuk mengurutkan objek dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi, atau sebaliknya. Ukuran ini tidak memberikan nilai absolut terhadap objek, tetapi hanya memberikan peringkat saja. Jika kita memiliki sebuah set objek yang dinomori, dari 1 sampai n, misalnya peringkat 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya, bila dinyatakan dalam skala, maka jarak antara data yang satu dengan lainnya tidak sama. Ia akan memiliki urutan mulai dari yang paling tinggi sampai paling rendah. Atau paling baik sampai ke yang paling buruk. Misalnya dalam skala Likert (Moh Nazir), mulai dari sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju sampai sangat tidak setuju. Atau jawaban pertanyaan tentang kecenderungan masyarakat untuk menghadiri rapat umum pemilihan kepala daerah, mulai dari tidak pernah absen menghadiri, dengan kode 5, kadang-kadang saja menghadiri, dengan kode 4, kurang menghadiri, dengan kode 3, tidak pernah menghadiri, dengan kode 2 sampai tidak ingin menghadiri sama sekali, dengan kode 1. Dari hasil pengukuran dengan menggunakan skala ordinal ini akan diperoleh data ordinal. Alat analisis (uji hipotesis asosiatif) statistik nonparametrik yang lazim digunakan untuk data ordinal adalah Spearman Rank Correlation dan Kendall Tau.

e.       data primer :
data yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan mengenakan alat pengukuran atau alat pengambilan data langsung pada subjek sebagai sumber informasi yang dicari. Data primer ini disebut juga dengan Data Tangan Pertama

f.       data sekunder
data yang diperoleh lewat pihak lain, tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subjek penelitiannya. Data sekunder ini disebut juga dengan Data Tangan Kedua

4.      Usia Ahmad saat ini mencapai 8 tahun
Usia Badrun pada saat yang sama mencapai 15 tahun
So’al :
a.       Berapakah nilai nyata usia Ahmad ?
b.      Sebutkan Batas Bawah Nyata (lower limit) usia Badrun; sebutkan pula Batas Atas Nyata (upper limit) usia Badrun itu.

5.      a.     Intervl   40 – 49; tentukan Midpoinnya
c.        Interval 37 – 40; berapakah nilai Relatifnya
d.      Interval  59  -  78; berpakah nilai Nyatanya
e.       Interval  35 – 40; berapakah lower limitnya
f.       Interval  71 – 75; berapakah upper limitnya

6.      Bulatkan sampai tiga angka di belakang tanda decimal
a.       0,11150789     b. 0,78550699     c. 1,70051895
d.      0,00063087     e.  9,91178650     f. 5,55550067

7.      Ubahlah ke dalam sistem decimal
a.       1/7           b. 5/39          c. 135/411

8.      Kuadratkan, kemudian bulatkan sampai dengan tiga angka di belakang tanda decimal;
a.       0,9971          b. 123,567           c. 596,116



Statistik Pendidikan
Nama : ___________________________
Nim    : ___________________________

TABEL KERJA STATISTIK
Subyek
X
Y
X
y
Xy
A
6,5
7,5
0,0
+0,8
0,00
0,00
0,64
B
5,8
5,6
-0,7
-1,1
+0,77
0,49
1,21
C
7,2
6,6
+0,7
-0,1
-0,07
0,49
0,01
D
6,9
6,4
+0,4
-0,3
-0,12
0,16
0,09
E
7,6
6,9
+1,1
+0,2
+0,22
1,21
0,04
F
6,7
6,2
+0,2
-0,5
-0,10
0,04
0,25
G
6,2
5,9
-0,3
-0,8
+0,24
0,09
0,64
H
5,6
5,8
-0,9
-0,9
+0,81
0,81
0,81
I
6,8
6,1
+0,3
-0,6
-0,18
0,09
0,36
J
6,0
7,1
-0,5
+0,4
-0,20
0,25
0,16
K
6,4
7,4
-0,1
+0,7
-0,07
0,01
0,49
L
6,2
7,2
-0,3
+0,5
-0,15
0,09
0,25
M
7,2
6,3
+0,7
-0,4
-0,28
0,49
0,16
N
6,5
6,7
0,0
0,0
0,00
0,00
0,00
O
6,3
6,5
-0,2
-0,2
+0,04
0,04
0,04
P
6,6
7,6
+0,1
+0,9
+0,09
0,01
0,81
Q
5,8
5,9
-0,7
-0,8
+0,56
0,49
0,64
R
6,3
7,3
-0,2
+0,6
-0,12
0,04
0,36
S
7,4
7,8
+0,9
+1,1
+0,99
0,81
1,21
T
6,0
7,2
-0,5
+0,5
-0,25
0,25
0,25
N=20
∑X=130
∑Y=134
∑x=0
∑y=0
∑xy=+2,18
∑x²=5.86
∑y²=8,42

1.      Berapakah jumlah skor X, dan Y dari N = 20
2.      Hitunglah Mx dan My dari masing-masing skor tersebut lengkap dengan tanda matematik.
3.      Berapakah jumlah skor xy
4.      Berapakah jumlah skor x² dan y²

Cara menjumlahkan Mx   :
Jumlah yang bertanda -  : 0,7+0,3+0,9+0,5+0,1+0,3+0,2+0,7+0,2+0,5  =  4,4
Jumlah yang bertanda + : 0,7+0,4+1,1+0,2+0,3+0,7+0,1+0,9  =  4,4
4,4 – 4,4  =  0
Cara menjumlahkan My  :
Jumlah yang bertanda  -  : 1,1+0,1+0,3+0,5+0,8+0,9+0,6+0,4+0,2+0,8  =  5,7
Jumlah yang bertanda  +  : 0,8+0,2+0,4+0,7+0,5+0,9+0,6+1,1+0,5  =  5,7
5,7 – 5,7  = 0

Cara menjumlahkan  xy  :
Jumlah yang bertanda  -  : 0,07+0,12+0,10+0,18+0,20+0,07+0,15+0,28+0,12+0,25  =  1,54
Jumlah yang bertanda  +  : 0,77+0,22+0,24+0,81+0,04+0,09+0,56+0,99  =  3,72
3,72  -  1,54  =  2,18


1.    Cara menghitung  korelasi product moment dengan menggunakan Standar Deviasi
SDx  =     =      =      =   0,541
SDy  =     =      =      =   0,649
Mencari   dengan rumus  =   =  =  = 310

Tabel ’r’ Product Moment
N
Taraf Signifikan
N
Taraf Signifikan
N
Taraf Signifikan
5%
1%
5%
1%
5%
1%
3
0,997
0,999
26
0,388
0,496
50
0,279
0,361
4
0,950
0,990
27
0,381
0,487
55
0,266
0,345
5
0,878
0,959
28
0,374
0,478
60
0,254
0,330
6
0,811
0,971
29
0,367
0,470
65
0,244
0,317
7
0,754
0,874
30
0,361
0,463
70
0,235
0,306
8
0,707
0,834
31
0,355
0,456
75
0,227
0,296
9
0,666
0,798
32
0,349
0,449
80
0,220
0,286
10
0,632
0,765
33
0,344
0,442
85
0,213
0,278
11
0,602
0,735
34
0,339
0,436
90
0,207
0,270
12
0,576
0,708
35
0,334
0,430
95
0,202
0,263
13
0,553
0,684
36
0,329
0,424
100
0,195
0,256
14
0,532
0,661
37
0,325
0,418
125
0,176
0,230
15
0,514
0,641
38
0,320
0,413
150
0,159
0,210
16
0,497
0,623
39
0,316
0,408
175
0,148
0,194
17
0,482
0,606
40
0,312
0,403
200
0,138
0,181
18
0,468
0,590
41
0,308
0,398
300
0,113
0,148
19
0,456
0,575
42
0,304
0,393
400
0,098
0,128
20
0,444
0,561
43
0,301
0,389
500
0,088
0,115
21
0,433
0,549
44
0,297
0,384
600
0,080
0,105
22
0,423
0,537
45
0,294
0,380
700
0,074
0,097
23
0,413
0,526
46
0,291
0,376
800
0,070
0,091
24
0,404
0,515
47
0,288
0,372
900
0,065
0,086
25
0,396
0,505
48
0,284
0,368
1000
0,062
0,081



49
0,281
0,364




DAFTAR HADIR PERKULIAHAN
Mata Kuliah       : …………………………….                        
Pertemuan ke ……
Pokok bahasan : ……………………………..   Hari/Tanggal………
NO
N I M
NAMA MHASISWA
TANDA TANGAN
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20



21



22



23



24



25



26



27



28



29



30




Dosen Pengampu MK                                                                                                                   
TUGAS  1           Nama : ……………..

Menghitung frekuensi, frekuensi kumulatif bawah, frekuensi kumulatif atas dari score 60 siswa

80 70 60 50 60 70 80 90 50 70
60 90 50 70 80 80 60 70 60 90
85 75 95 65 55 85 85 65 55 75
95 55 65 75 85 65 75 95 85 55
60 90 50 70 80 80 60 70 60 90
                  95 55 95 65 55 85 85 65 55 75
                   Buatlah table yang terdiri dari empat kolom, kolom 1 berisi skor 60  
                siswa, kolom 2 berisi frekuensi masing-masing skor, kolom 3 berisi
                frekuensi kumulatif bawah, kolom 4 berisi frekuensi kumulatif atas.

No comments:


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA<><><><><>Semoga Kehadiran Kami Bermanfaat Bagi Kita Bersama
banner