BAB V
KITAB-KITAB HADITS
1) Pengertian Kitab Hadis
Para
muhaddisin telah menulis berbagai jenis kitab dalam berbagai bidang
bahasannya. Hal ini merupakan suatu khazanah ilmu hadis yang dapat
menjawab semua masalah yang di jumpai oleh para ulama dan peneliti
berbagai kitab . Selanjutnya inilah yang disebut sebagai kitab hadis.
2) Kitab Hadis Ditinjau dari Kriterianya
i) Kitab Shahih
kitab
shahih merupakan kitab yang penyusunannya hanya menyatakan hadis-hadis
yang shahih saja . Orang yang pertama kali mengumpulkan hadis-hadis
shahih adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari. Kemudian
disusul oleh sahabat yang juga muridnya Abu al-Husain Muslim bin
al-Hajjaj al-Naisaburi. Kedua kitab ini adalah kitab yang paling shahih.
Tetapi Bukhari lebih kuat karena Bukhari dalam mengeluarkan hadis
mensayaratkan dua hal, yakni:
1. Perawi harus semasa dengan gurunya.
2.Perawi benar-benar bertemu atau mendengar langsung dari gurunya.
Sedangkan Muslim tidak mensyaratkan poin yang kedua, tetapi hanya mensyaratkan yang pertama .
ii) Kitab Sunnan
Kitab
Sunnan adalah kitab hadis yang menghimpun hadis-hadis hukum yang marfu'
dan disusun berdasarkan bab-bab fikih. Kitab-kitab yang masyhur adalah
Sunan Abu Dawud, Sunan al-Tirmidzi, Sunan al-Nasa'i dan Sunan Ibnu
Majah.
Keempat kitab sunan ini masyhur dengan sebutan al-Sunnan
al-Arba'ah. Bila dikatakan al-Sunan al-Tsalasah, maka maksudnya ketiga
sunan yang pertama, yakni selain Sunan Ibnu Majah.
Bila dikatakan al-Khamsah, maka yang dimaksud adalah al-Sunan al-Arba'ah dan Musnad Ahmad.
Bila dikatakan al-Sittah, maka yang dimaksud adalah Shahihaini dan al-Sunnan al-Arba'ah.
iii) Kitab Musnad
Di
dalam sistem ini pengatur mengatur secara sistematis (tertib) mulai
nama-nama dari sahabat yang lebih utama beserta seluruh hadisnya,
kemudian disusul dengan deretan nama-nama sahabat yang utama beserta
sahabat yang lebih rendah derajatnya beserta hadis-hadisnya. Misalnya
dalam kitab tersebut dikemukakan oleh penyusun pada bab pertama, nama
sahabat Abu Bakar r.a dengan menyebut seluruh hadisnya, kemudian disusul
dengan nama Umar r.a dengan mencantumkan seluruh hadis yang beliau
riwayatkan dan seterusnya berturut-turut nama-nama sahabat yang lebih
rendah daripada Umar dengan seluruh hadisnya.
iv) Kitab al-Mustadrak
Al-Mustadrak
adalah kitab yang disusun untuk memuat hadis-hadis yang tidak dimuat
dalam kitab-kitab hadis shahih dan kitab tersebut mengikuti syarat kitab
hadis shahih yang bersangkutan. Sebagai contoh adalah al-Mustadrak
al-Hakim. Di situ al-hakim menyebutkan hadis-hadis shahih yang sesuai
syarat dri Bukhari-Muslim atau salah satu syarat dari keduanya, tetapi
keduanya tidaka mengeluarkan hadis tersebut.
3) Kitab Hadis Ditinjau dari Cara Penggunaannya
i) Kitab Mu'jam
Kitab
Mu'jam menurut istilah para muhadditsin adalah kitab hadis yang disusun
berdasarkan susunan guru-guru penulisnya yang kebanyakan disusun
berdasarkan urutan huruf hijaiyah, sehingga penyusun mengawali
pembahasan kitab mu'jamnya dengan hadis-hadis yang diterima dari Aban,
lalu yang dari Ibrahim dan seterusnya.
Diantara kitab mu'jam yang
terkenal adalah tiga buah kitab mu'jam karya al-Muhaddits al-Hafidz
al-Kabir Abu Qasim Sulaiman bin Ahmad al-Thabarani (w. 360 H). Ketiga
kitab mu'jam itu adalah: al-Mu'jam al-Shaghir , al-Mu'jam al-Ausath ,
dan al-Mu'jam al-Kabir .
Satu lagi kitab mu'jam adalah Mu'jam
al-Buldan. Kitab ini disusun berdasarkan nama kota. Merupakan karya dari
Abi Ya'la Ahmad bin Ali al-Muslihi. Beliau wafat pada tahun 307 H.
ii) Kitab Takhrij
Yaitu kitab yang disusun untuk mentakhrij hadis-hadis kitab tertentu. Di antara kitab takhrij yang terpenting adalah:
Nahbu
al-Rayah li Ahadits al-Hidayah karya al-Imam al-Hafidz Jamluddin Abu
Muhammad Abdillah bin Yusuf al-Zaila'I al-Hanafi (w. 762 H). kitab ini
merupakan takhrij hadis-hadis kitab al-Hidayah, sebuah kitab fikih
madzhab Hanafi, yang disusun oleh ali bin Abu Bakar al-Marghinani, salah
satu seorang pemuka fuqaha Hanafi (w. 593 H).
Kitab ini mengungkp
secara lengkap riwayat-riwayat yang penuh faedah, dan mengupas setiap
hadis yang ada dalam kitab al-Hidayah dusertai riwayat dan hadis-hadis
lain yang menguatkannya. Kitab ini juga mengungkpkan pembahasan mengenai
hadis-hadis yang dijadikan dalil oleh para ulama yang berbeda pendapat
dengan ulama hanafiah secara jelas dan tuntas, objektif dan tematis.
iii) Kitab Jarh wa Ta'dil
Lahirnya
kitab-kitab tentang jarh dan ta'dil merupakan jerih payah para kritikus
dan kajian mereka terhadap perilaku para perawi, dilihat dari sisi
diterima atau tidak diterimanya hadis mereka.
Para ulama yang
menulis kitab-kitab tentang jarh dan ta'dil menggunakan methode yang
berbeda-beda. Di antara mereka, ada yang menyebutkan para pendusta dan
para perawi yang lemah di dalam kitabnya. Ada yang menambahkan dengan
menyebutkan sebagian hadis palsu. Ada yang menulis kitab hanya tentang
perawi yang tsiqah, dan ada pula yang menulis kitab tentang para perawi
yang lemah dan perawi yang tsiqah.
iv) Kitab al-Athraf
Kitab
al-Athraf adalah kitab-kitab yang disusun untuk menyebutkan bagian hadis
yang menunjukkan keseluruhannya, lalu disebutkan sanad-sanadnya pad
kitab-kitab sumbernya. Sebagian penyusun menyebutkan sanadnya dengan
lengkap dan sebagian lainnya hany menyebutkan sebagiannya. Kitab-kitab
ini tidak memuat matan hadis secara lengkap dan bagian hadis pun tidak
pasti bagian dalam arti tekstual. Kitab ini disusun berdasarkan nama
perawi pada tingkat sahabat.
4) Kitab Hadis Ditinjau dari Sejarahnya
Buku-buku
dan catatan kecil yang muncul pertama kli tau bahkan pada awal abad
kedua, dapat dikategorikan menjadi dua kelompok; pertama, buku-buku yang
berisi hadis-hadis Nabi semata, koleksi acak, tanpa sistemasi bahan.
Kedua, buku-buku kecil (catatan) yang berisikan hadis-hadis Nabi yang
msih bercampur dengan keputusan (resmi) yang diarahkan oleh para
khalifah dan sahabat lainnya, bahkan para tabi'in.
Pada abad kedua,
terjadi perubahan trend sedikit dan buku-buku yang kebanyakan membahas
masalah hukum muli bermunculan. Al-Muwatha' termasuk dalam kategori ini.
Buku tersebut telah diatur menurut judul-judul dalam masalah hukum yang
berkaitan dengan keseluruhan jaringan kehidupan manusia; dari ibadah
(ritual), zakat, haji, perkawinan, perceraian, pertnian, perdagangan dan
lain-lain.
Berikutnya pada abad ketiga, kebanyakan buku-buku yang
muncul adalah berisikan hadis-hadis semata. Sejumlah buku muncul, pada
periode ini, yang mengikuti pada pola abad kedua, seperti Mushannaf,
karangan Abdur Razaq dan Ibnu Abu Syaibah (w. 235 H), al-Awsath,
karangan Ibnu al-Mundzir (w. 319 H). Buku-buku inti dikarang dengan pola
yang berbeda dan disebut Musnad, Jami', Shahih, Sunan, Mustakhraj atau
Mu'jam.
Abad keempat dan kelima adalah masa pengisnadan hadis dan
muncul kitab al-Mustadrak, yaitu kitab hadis yang standar keshahihannya
sama dengan standar Imam yang lain tetapi tidak terdapat dalam kitab
asli. Abad ketujuh dan kedelapan mulai muncul kritik sanad dan matan.
Yaitu dengan munculnya kitab jarh wa ta'dil.
5) Urgensi Pengkajian Kitab Hadis
• Membantu dalam mengetahui jumlah dan jenis hadis yang diriwiyatkan oleh
para sahabat dari Nabi SAW dan mempermudah pengecekannya.
• Mempermudah mengetahui sanad-sanad hadis, kerena sanad-sanad itu terkumpul dalam satu tempat.
• Mempermudah mengetahui penyusun sumber asli yang mengeluarkan hadis
tersebut serta bab hadis dalam sumber-sumber tersebut.
6) Contoh-Contoh Kitab Hadits
JENIS KKITAB NAMA KITAB PENGARANG TAHUN
الجامع صحيح الإمام البخاري , محمد بن إسماعيل 256 هـ
صحيح الإمام مسلم الإمام مسلم 261 هـ
صحيح ابن خزيمة محمد بن إسحاق 311 ه
صحيح الإمام ابن حبان محمد بن حبان 354 هـ
السنن سنن أبي داود السجستاني أبي داود السجستاني 275 هـ
سنن الترمذي – ويسمى بالجامع أيضا الترمذي 279 هـ
سنن النسائي ( المجتبى ) أحمد بن شعيب
302 هـ .
السنن الكبرى أحمد بن شعيب
سنن ابن ماجة القزويني
ابن ماجة القزويني
275 هـ .
سنن سعيد بن منصور
سعيد بن منصور
227 هـ
سنن الدارمي عبد الله بن عبد الرحمن 255 هـ
سنن البيهقي سنن البيهقي , أحمد بن الحسين 458 هـ
المعجم المعجم الكبير لأبي القاسم سليمان بن أحمد الطبراني 360 هـ
المعجم الأوسط لأبي القاسم سليمان بن أحمد الطبراني 360 هـ
المعجم الصغير لأبي القاسم سليمان بن أحمد الطبراني 360 هـ
معجم الصحابة لأحمد بن علي بن لال الهمداني 398 هـ
معجم الصحابة لأبي القاسم عبد الله بن محمد البغوي 317 هـ
المصنف المصنف لأبي بكر عبد الله بن محمد بن أبي شيبة الكوفي
المصنف لأبي بكر عبد الرزاق بن همام الصنعاني ( 211 هـ)
المصنف لبقي بن مخلد القرطبي 276 هـ
المصنف لأبي سفيان وكيع بن الجراح الكوفي 196 هـ
المصنف لأبي سلمة حماد بن سلمة البصري 167 هـ
المسند مسند أحمد بن حنبل أحمد بن حنبل 204 هـ
مسند أبي بكر عبدا لله بن الزبير الحميدي مسند أبي بكر عبدا لله بن الزبير الحميدي 212
مسند أبي داود سليمان بن داود الطيالسي أبي داود سليمان بن داود الطيالسي 228 هـ
مسند أسد بن موسى الأموي أسد بن موسى الأموي 229 هـ
مسند مسدد بن مسرهد الأسدي البصري مسدد بن مسرهد الأسدي البصري 213 هـ
مسند نعيم بن حماد نعيم بن حماد 234 هـ
مسند عبيد الله بن موسى العبسي عبيد الله بن موسى العبسي 307 هـ
مسند أبي خيثمة زهير بن حرب أبي خيثمة زهير بن 249هـ
مسند أبي يعلى أحمد بن علي المثنى الموصلي أبي يعلى أحمد بن علي المثنى الموصلي 307 هـ
مسند عبد بن حميد (249 عبد بن حميد (249هـ
الاطراف تحفة الأشراف بمعرفة الأطراف للحافظ الإمام أبي الحجاج يوسف بن عبد الرحمن المزي 742هـ .
إتحاف المهرة بأطراف العشرة للحافظ ابن حجر العسقلاني
أطراف المسانيد العشرة لشهاب الدين أبي العباس أحمد بن أبي بكر الكناني البوصيري الشافعي نزيل القاهرة ، المتوفى سنة 840هـ
ذخائر المواريث في الدلالة على مواضع الحديث لشيخ عبد الغني النابلسي المتوفى سنة 1143هـ
اطراف المسند المعتلى بأطراف المسند الحنبلي للإمام ابن حجر
أطراف الأحاديث المختارة للضياء المقدسي للإمام ابن حجر
أطراف مسند الفردوس للإمام ابن حجر
المستدرك المستدرك على الصحيحين للحاكم مع تعليقات الذهبي في التلخيص محمد بن عبدالله أبو عبدالله الحاكم النيسابوري
No comments:
Post a Comment